Wednesday 25 January 2017

Pengertian dan manfaat demokrasi





PENGERTIAN

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi—baik secara langsung atau melalui perwakilan—dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setar


Demokrasi ini merupakan salah satu kata yang berasal dari Bahasa Yunani, yakni Demos dan Kratos. Demos itu sendiri memiliki arti rakyat, sedangkan kratos ialah pemerintah/kekuasaan, sehingga dalam artian adalah Pemerintahan Rakyat.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa, Demokrasi itu sendiri ialah kekuasaan yang berada di tangan rakyat. Maksud dari pengertian ini bahwa rakyat adalah salah satu pemegang kekuasaan tertinggi



MENURUT PARA AHLI
  1. Abraham Lincoln: Menurutnya, pengertian demokrasi adalah sistem pemerintah yang diselenggaran dari rakyat, oleh rakyat dan untu rakyat. 
  2. Charles Costello:  Menurut Charles Costello, pengertian demokrasi adalah sistem sosial dan politik pemerintahan diri dengan kekuasaan-kekuasaan pemerintah yang dibatasi dengan hukum dan kebiasaan untuk melindungi hak-hak perorangan warga negara
  3. Hans Kelsen: Pengertian demokrasi menurut Hans Kelsen adalah pemerintahan oleh rakyat dan untuk rakyat. Yang melaksanakan kekuasaan negara ialah wakil-wakil rakyat yang terpilih. Dimana rakyat telah yakin, bahwa segala kehendak dan kepentingannya akan diperhatikan di dalam melaksanakan kekuasaan negara. 
  4. Merriem: Menurut Merriem, demokrasi didefinisikan sebagai pemerintahan oleh rakyat, khususnya, oleh mayoritas; pemerintahan di mana kekuasan tertinggi tetap pada rakyat dan dilakukan oleh mereka baik secara langsung atau tidak langsung melalui sebuah sistem perwakilan yang biasanya dilakukan dengan cara mengadakan pemilu bebas yang diadakan secara periodik; rakyat umum khususnya untuk mengangkat sumber otoritas politik; tiadanya distingsi kelas atau privelese berdasarkan keturunan atau kesewenang-wenangan.
  5. Sidney Hook: Menurutnya, pengertian demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung atau tidak didasarkan dari kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa. 
  6. John L. Esposito: kekuasaan dari dan untuk rakyat. Oleh karenanya, semuanya berhak untuk berpartisipasi, baik terlibat aktif maupun mengontrol kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Selain itu, tentu saja lembaga resmi pemerintah terdapat pemisahan yang jelas antara unsur eksekutif, legislatif, maupun yudikatif. 
  7. C.F. Strong: Demokrasi menurut definisi C.F. Strong adalah suatu sistem pemerintahan dimana mayoritas anggota dewan dari masyarakat ikut serta dalam politik atas dasar sistem perwakilan yang menjamin pemerintah akhirnya mempertanggungjawabkan tindakan-tindakannya pada mayoritas tersebut. 
  8. Hannry B. Mayo: Menurut Hannry B. Mayo, pengertian demokrasi adalah kebijaksanaan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan-pemilihan yang didasarkan dari prinsip kesamaan politik dan diselenggaran dalam suasana di mana terjadi kebebasan politik. 
  9. Samuel Huntington: Menurutnya, demokrasi adalah para pembuat keputusan kolektif yang paling kuat dalam sebuah sistem dipilih melalui suatu pemilihan umum yang adil, jujur dan berkala dan didalam sistem itu para calon bebas bersaing untuk memperoleh suara dan hamir seluruh penduduk dewasa dapat diberikan suara

MANFAAT DEMOKRASI

1. Meningkatkan rasa empati dan kasih sayang antara para warga masyarakat.

a.  Lingkungan keluarga

  • Menghargai pendapat anggota keluarga yang tidak sejalan dengan kita
  • Masalah keluarga dapat diselesaikan dengan cara berunding
  • Tiap anggota keluarga berhak untuk menyuarakan pendapat yang mereka miliki
b. Lingkungan Pendidikan
  • Bekerja sama dengan teman lain yang berbeda latar belakang
  • Tidak antipati untuk menerima pendapat lain yang bersebrangan dengan pendapat milik kita
  • Berunding bersama-sama untuk bisa menyelesaikan masalah sekolah maupun tugas
c. Lingkungan Negara
  • Keputusan pemilihan Presiden bisa dilakukan oleh rakyat
  • Keputusan yang diambil oleh DPR maupun MPR dilakukan dengan cara berunding dan voting
  • Pemilihan stuktur pemimpin negara juga dilakukan dengan cara pengambilan suara yang dilakukan oleh para rakyat
2. Terhindarnya Tindakan Kekerasan Antar Warga Bermasyarakat
3. Terbangunnya komunikasi yang baik antar masyarakat
4. Meningkatkan rasa kerjasama dan juga gotong royong
5. Meningkatkan rasa tanggung jawab masyarakat

No comments:

Post a Comment