Friday 27 January 2017

Pengertian Dan Cara Mengatasi Kesedihan



Pengertian

Kesedihan adalah suatu emosi yang ditandai oleh perasaan tidak beruntung, kehilangan, dan ketidakberdayaan. Saat sedih, manusia sering menjadi lebih diam, kurang bersemangat, dan menarik diri. Kesedihan dapat juga dipandang sebagai penurunan suasana hati sementara, sedangkan depresi sering dicirikan dengan penurunan suasana hati yang persisten dan besar yang kadang disertai dengan gangguan terhadap kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan hariannya. Menangis adalah salah satu indikasi dari kesedihan.

Kesedihan adalah lawan dari kebahagiaan atau kegembiraan dan serupa dengan dukacita atau kesengsaraan.



1.Pemarah

Paling mudah dilihat dan paling banyak ada di dalam diri manusia. Orang seperti ini jarang mendapat kawan dan hati tentunya tidak terang.

2.Pendendam
Dendam yang tersembunyi ibarat mengumpul lahar di dalam dada. Orang seperti ini sentiasa mencari-cari peluang untuk membalas dendam secara halus sekalipun menyakiti hati orang yang didendami itu. Sebab itu orang pendendam mudah kena sakit jantung.

3.Hasrat dengki
Amalanya hangus akibat hasrat dengkinya .

4.Serakah
Sentiasa merasakan orang lain menginginkan harta, kesenangan, pangkat dan lain-lain dari dirinya. Contohnya sentiasa berdalih mengatakan ia tiada duit. Allah lebih sayang orang yang fasik tetapi pemurah.Karena walaupun fasik, pemurahnya itu tetap memberi manfaat pada orang lain karena kadangkala rezeki itu Allah beri melalui makhluk.

5.Tamak
Orang yang tidak puas dengan yang sedikit niscaya tidak akan puas dengan yang banyak karena dunia ini ibarat meminum air laut, walau berapa banyak yang diminum tetap tidak habis juga (lagian orang tamak selalu rugi). Ingat! Yang dikatakan harta atau rezeki kita bila ia dipakai atau digunakan oleh kita. Selagi tidak digunakan dan disimpan, itu belum boleh dikatakan rezeki kita (mungkin ada hak orang lain di situ). Biarlah rezeki itu sedikit tetapi mendapat keberkah itulah yang bermanfaat.

4.Tidak sabar
Seandainya perkara yang kecil pun tidak boleh bersabar apalah lagi hal-hal yang lebih besar.

5.Ego
Ibu segala mazmummah jadi ia menjadikan seseorang paling tidak tenang. Orang yang memiliki sifat ini pantang bersabar dari sudutlahir maupun batin. sebab semua orang memiliki egonya sendiri, cuma berbeda tinggi atau rendah tahap keegoan tersebut.

6.Sombong
Tersiksa sendiri karena sentiasa mencari-cari peluang untuk dipuji. Sentiasa bersandiwara di depan orang. Jika ia dipuji, ia akan menambah amalnya tetapi jika dihinai, ia akan mengurangkan amalnya. Allah marah kalau kita riak, takabbur dengan apa yang kita ada.

7.Cinta Dunia

Tidak dapat menderita, dapat pun menderita karana bila sudah menderita susah pula menjaganya. Milikilah harta, tetapi jagalah hati jangan diletakkan pada harta itu (bila mati cuma bawa amalan dan doa anak yang soleh atau solehah). Cinta dunia merupakan 'neraka dunia' karana dunia itu 'panas' karena neraka dunia merupakan barang buruan dan rebutan. Jadi letakkanlah akhirat itu di hati dan dunia itu di tangan supaya dunia itu dapat dibagi-bagi dan akhirat dibawa mati.

Cara Mengtasi Kesedihan



  1. Lepaskan kesedihan Anda. Biarkan air mata mengalir. Jangan pernah takut menangis, bahkan jika menangis bukanlah kebiasaan Anda. Sadarilah bahwa tidak ada cara yang benar atau salah untuk merasa sedih atau mengungkapkannya. Yang penting Anda mengenali kesedihan ini dan berusaha mengatasinya
  2. Bagikan perasaan Anda dengan orang lain. Akan sangat baik jika Anda mencari orang-orang yang mau memperhatikan Anda pada saat Anda sedang menderita. Jika Anda tidak bisa menemukan seorang teman,
  3. Jauhkan diri Anda dari orang-orang yang tidak bisa mengasihi orang lain.
  4. Jangan menyesal. Setelah Anda kehilangan seseorang, Anda mungkin merasa bersalah. Anda mungkin mempunyai pikiran seperti, "Seandainya saja saya sempat mengucapkan salam perpisahan untuk terakhir kalinya," atau "Saya berharap masih bisa memperlakukannya lebih baik." Jangan biarkan diri Anda termakan oleh perasaan bersalah.
  5. Simpanlah benda-benda yang bisa mengingatkan Anda pada orang yang Anda cintai.
  6. Sediakan waktu untuk berkumpul dengan orang-orang yang baik.

No comments:

Post a Comment