Tuesday 24 January 2017

Pengertian dan aplikasi android DJ



Pengertian DJ

Disjoki atau joki cakram atau (bahasa Inggris: Disc jockey, disingkat DJ, atau kadang-kadang "deejay") adalah seseorang yang terampil memilih dan memainkan rekaman suara atau musik yang telah direkam sebelumnya. Umumnya media hasil rekaman yang digunakan adalah media diska atau cakram, dan karena kemahirannya dalam memainkan cakram membuat profesi ini dikenal sebagai joki cakram, atau lebih dikenal dengan disjoki (ejaannya dalam bahasa Inggris disc jockey). Sekarang istilah itu tidak hanya merujuk kepada kemahiran mengatur lagu/musik dalam medium cakram, tetapi juga dalam bentuk medium lainnya.

Seperti layakynya seorang operator, DJ melakukan tugasnya melalui penguasaan dalam penggunaan bermacam alat. Penguasaan player [ turntable, cdj, dvj, computer, dsb. ] serta penguasaan bridge controller [ mixer, efector, dsb. ] merupakan point-point terpenting yang harus dimilikinya. Ditambah lagi, seorang DJ juga harus mengerti proses kerja dari penggabungan alat2 tersebut.


DJ pada awalnya menggunakan player yang disebut turntable, dan media lagunya menggunakan disc yang biasanya di sebut plat / piringan hitam.  Karena perkembangan dari era konvensional menjadi era digital, makanya turntable hampir tidak dipergunakan lagi. CDJ hingga DVJ [ DVD Jockey ] player adalah hasil perkembangan era digital, dan merupakan penyempurnaan dari turntable yang di dalamnya berisikan teknologi yang  mengikuti jaman berguna mempermudah seorang DJ dalam melakukan tugasnya



Aplikasi DJ untuk Android

DJ Studio 5
DJ Studio 5 siap membantumu berpesta. Setiap DJ membutuhkan aplikasi mixing yang bagus untuk melakukan mixing 2 atau lebih nada secara bersamaan. Nah, DJ Studio 5 bisa melakukannya. Aplikasi ini gratis dan sepertinya tidak memiliki in-app purchases, walaupun fiturnya cukup dasar, namun aplikasi ini akan membuat kerjaanmu kelar.

Party Mixer
Party Mixer adalah pilihan lain bagi kamu yang mencari aplikasi mixing yang dapat diandalkan. Fitur utama aplikasi ini adalah mixing beberapa track sekaligus. Dua buah track dapat dimainkan sekaligus, sehingga pengguna aplikasi memungkinkan melakukan crossfade antar keduanya. Kamu juga dapat mengatur pitch, tempo, dan banyak lagi.

DJ Mix Pads
Dewasa ini, mesin-mesin drum pad telah berevolusi lebih cepat sampai menawarkan fitur agar pengguna dapat menciptakan beat buatan sendiri, membuat drum loop dan lain-lain. Kerennya, DJ Mix Pads mengakomodasi itu semua, namun dalam bentuk aplikasi Android, bukan pad machine

DJ Music Equalizer
Memang, ini bukan aplikasi DJ murni. Tapi apabila kamu mencari equalizer yang lebih baik sebagai pemutar musik kesayangan, aplikasi ini dapat menjadi solusinya. Menawarkan fitur untuk kita dapat mengoprek pemutar musik sehingga kita dapat lebih merasakan bass/tops lebih jelas

Listen Dj Remix Nonstop Music
Mulai lelah mixing sendiri dan ingin istirahat sebentar, duduk manislah dan dengarkan karya-karya musik pre-mixed dari mixer lain secara nonstop. Itu semua bisa kamu dapatkan di aplikasi ini.

DJ Live Wallpaper
Lebih lengkap rasanya jika menyertakan satu aplikasi wallpaper dalam daftar ini. DJ Live Wallpaper menawarkan banyak wallpaper bertemakan DJ yang dapat kamu pilih dan gunakan sebagai backdrop di smartphone kamu. Sempurna untuk melengkapi mood party kamu.

Virtual DJ Studio
Virtual DJ adalah aplikasi DJ digital yang paling populer dan sangat powerful. Aplikasi ini dasarnya adalah turntable mixer sehingga kamu dapat melakukan scratch, menambahkan bermacam efek di track kamu serta membuat mixing buatan kamu sendiri.

 Cross DJ Free
Cross DJ adalah aplikasi mixing musik lainnya dan sudah punya banyak review positif. Sama seperti yang lain yang dilengkapi dengan fitur mixing standar, aplikasi yang satu ini memberikan fitur deteksi BPM yang dapat diandalkan. Ada juga fitur dimana kita dapat mengubah level dari pitch bend serta sync mode yang stabil.

edjing
Jika kamu lebih membutuhkan aplikasi untuk mixing playlist kamu sendiri daripada aplikasi DJ murni, bisa jadi edjing adalah aplikasi yang tepat buatmu. Dengan fitur utamanya yaitu mixing dan membuat playlist suka-suka kamu, aplikasi yang satu ini memberikan fitur DJ profile page sehingga kamu dapat share mixing dan playlist kamu dengan orang lain. Sisi plusnya ada di social element lah kalo aplikasi ini.

DJ Mixer House Music
Menutup daftar aplikasi DJ gratis untuk Android, aplikasi ini spesial untuk penikmat musik House. Jika kamu adalah salah satunya dan sedang mencari aplikasi untuk senantiasa party, aplikasi ini cocok buatmu


No comments:

Post a Comment